Monday, June 22, 2009

Ah rasanya...

Euy. Males gue. Baca ajalah ya kelanjutan ceritanya di blog yeba. Hoream. Ganti topik ya? Ini tentang anjing gue.


'ANJING'
Zaman skarang kalo kita denger kata 'ANJING', pasti bukan inget ke binatang yang Allah anugerahkan kepada bumi untuk dipelihara, digembala jeung sajabana, tapi malah kaya suatu kata yg disebut sebut dalam sebuah percakapan. Ya kan ya kan? Ya dongz. Tanggal delapan belas juni dua rebu sembilan, hari kamis, datanglah seekor anjing bernama 'ROKKO AT BACKYARD' yang artinya adalah roko di halaman belakang. Ya ga? Omaygod. Itu adalah nama nya di stambumnya. Padahal aku sama kaka kaka aku, Nina dan Nadia, udah bikin nama : Christopher Calvin Sunday Mancikal. Omong omong, mancikal itu adalah singkatan dari MANjangan, CIjagra, KAwaLuyaan, yaitu nama rumah nene, rumah aku, dan rmh dines kerja bapa gue. Oh ya, maaf, lupa ngasih tau, stambum itu adalah surat keterangan lahir gtlah, kalo manusianya mah kaya akte kelahiranlah. Di stambum itu, percis kaya akte kelahiran manusia, yg terdapat nama kitanya, nama mama papa kita, tanggal lahir jeung sajabana. Tapi meskipun namanya roko blablabla, kita tetep manggilnya SUNDAY. Padahal tadinya aku ngusulin namanya: duddles atau alakay atau bubble. Tapi gada yang diterima z saya memang tak pandai merangkai nama. Bagusan juga nama gue (ganyambung). Hahaha. Si anjing ini, dibeliin banjar, pacarnya nadia, belinya di sebuah pertenakan anjing. Khususnya anjing anjing besar seperti siberian husky, labrador retriver, golden retriver jsb. Nah kalo anjing aku ini, jenisnya yaitu golden retriver. Kalian bisa liat golden di film Air Bud: Spike Back (1997); Air Bud: Golden Receiver, Air Bud: Worl Pup; Air Bud: Seven Inning Fetch; dan Air Bud: Spike Back (2003). Apal kan gue? Haha gak lah. Aku tau semua tentang anjing ini dari buku Golden Retriever karangan Imelda Natasaputra. Bisa kalian beli di toko buku terdekat(bukan promosi). Kita milih anjing golden ini, karna keliatannya gagah, dan mudah mudahan aja bisa jadi kaya Air Bud. AMIEN. Hahaha. Emang sih katanya kalo kita kena ludah anjing, katanya HARAM dan harus wudhu pake tanah 7rupa. Tapi kata ustadz nya Anastasha azizah maharani (sahabat aku), kalo kena ludahnya itu gapapa asal cuci tangan pake sabun. Ya mungkin aja ya dulu kan belum jamannya ada sabun tuh, jadi harus pake tanah 7rupa. Jadi ya ambil positifnya aja, kita pelihara anjing ini kan bukan buat disakiti, tapi buat dipelahara, dan menyayangi makhluk ciptaan Tuhan kita ini. Ya bismilah aja lah ya. Iya.


Oh yaaa kalo kita melihara binatang, pasti kita langsung mikirin tainya lah, pipisnya lah, dan lain lain. Oleh sebab itu, aku sama nadia bagi bagi tugas. Nadia ngebersihin pipisnya. Aku ngebersihin pupnya -___-. Emang menyebalkan sih ya, tapi kalo ga kaya gini, kasian juga kan anjingnya sebab kalo kotoran nya dibiarin gt aja, bisa nyebabin penyakit lho. Eh jangan salah ya, anjing jg bisa kena penyakit seperti:
-Distemper, adalah virus dasi golongan poramyxo-virus yang bisa menyerang paru-paru, usus dan sistem syaraf.
-radang hati, yaitu virus dari golongan adeno-virus tipe 1 & 2. Yang bisa menyebabkan dehidrasi, komplikasi, daya tahan tubuh & kondisi umum melemah.
-leptospirosis, adalah demam tikus yg disebabkan oleh bakteri dari ordo spirochaetales.
-rabies, penyakit ini paling sering didenger oleh kita sbg penyakit anjing gila. Rabies ini disebabkan oleh sejenis virus yang menyerang sistem saraf.
-dll.

Emang sih repot ya, tapi kalo kita hobiis ya gimana atuh? Haha. Ya itu semua tergantung sama lingkungan, makanan dan lain lain. Cukup segini dulu yaa, ntar kalo niat aku tulis lagi cerita cerita Sunday berikutnya okaaaay? dadadah

No comments:

Post a Comment